Tiger Revo (gudang-honda-tiger.blogspot) |
Salah satu motor Om Djumbo yang
sering juga dipakai untuk keseharian adalah Honda Tiger Revo keluaran tahun
2009. Motor ini handal, lincah dan bisa diandalkan untuk digunakan sampai
sekarang. Walaupun sudah di-decommissioned oleh pabrik Honda pada tahun 2014 yang
lalu dan sudah berumur 8 tahun tapi Om Djumbo masih betah untuk menggunakannya sampai sekarang.
Seperti kebanyakan motor sport
lainnya, masalah yang selalu melanda untuk motor tipe seperti ini adalah
masalah kebocoran di tangkinya. Hal ini karena tangki bahan bakar pada motor sport
berada di luar dan terekspos panas-dingin setiap saat.
Demikian juga motor Om Djumbo,
sudah beberapa kali motor ini mengalami kebocoran di bagian bawah tangki dan selama
ini oleh bengkel langganan Om Djumbo bisa diatasi dengan menambalnya
menggunakan lem besi merk Dextone yang umum dijual di pasaran.
lem Dextone |
Namun tidak kali ini.....
Ketika Om Djumbo hendak memperbaiki tangki tersebut ke bengkel langganan Om Djumbo oleh mekaniknya malah disarankan untuk ditambal ke tukang
patri. Hal ini karena penambalan yang telah dilakukan selama ini hanya bersifat sementara dan tidak efektif (now you're talking?) sedangkan kondisi tangki motor ini sendiri sudah banyak tambalan.
Maka mulailah Om Djumbo mencari
tukang patri yang bisa memperbaiki kebocoran tangki motor sport. Sampai
kemudian Om Djumbo menemukan seorang pembuat kompor minyak tanah yang juga bisa memperbaiki
tangki motor sport dengan cara dipatri.
Berikut beberapa fotonya....
Pertama-tama, tangki motor dicopot dari dudukannya dan segala aksesorisnya dicopot
bekas kebocoran bahan bakar di bagian bawah tangki motor di dudukan baut tangki |
Kemudian isi tangki dikuras untuk membersihkan gram besi yang ada di dalam tangki
isi tangki dipindahkan ke dalam jeriken dan disaring |
kotoran dan gram besi yang ada di dalam tangki hasil saringan |
gram besi dari dalam tangki |
Selanjutnya tangki dibersihkan dari bekas lem besi yang sebelumnya digunakan untuk menambal kebocoran menggunakan amplas.
kondisi bagian bawah tangki motor sewaktu awal dibersihkan, ditemukan lubang besar di ujung bagian bawah tangki |
Setelah mengetahui bahwa tangki yang mengalami kebocoran ada banyak titik dan ada yang cukup besar lubangnya, maka pembersihan dilakukan kembali kali ini menggunakan amplas gerinda.
pembersihan dimulai |
jangan ditiru, tanpa menggunakan perlengkapan pelindung sarung tangan dan google |
Setelah dibersihkan berikut ini hasilnya.....
titik kebocoran di bagian samping tangki |
titik kebocoran di bagian bawah tangki |
close-up titik kebocoran di dekat jalan keluar tangki |
tangki bagian bawah dilihat dari samping |
titik kebocoran di bagian bawah sisi samping tangki |
Ternyata cukup parah ya kondisi kebocoran di tangkiku?
Memang sudah waktunya tangki motor ini harus diganti, tapi kebocoran ini akan Om Djumbo coba perbaiki dahulu menggunakan metode patri.
Menurut bapak tukang yang melakukan patri ini, berdasarkan pengalaman beliau, untuk memperbaiki tangki motor yang bocor memang lebih efektif menggunakan metode patri karena patri melapisi tangki yang bocor dengan lapisan patri yang tahan karat dan kuat. Beda dengan ditambal dengan lem epoxy karena sifatnya hanya sementara dan suatu saat akan bocor kembali. Demikian juga bila ditambal menggunakan las maka besi tangki akan menjadi muda kembali dan keropos sehingga rawan karat.
Satu-satunya kelemahan patri masih menurut beliau, yaitu tidak tahan panas. Karena kalau patri kena panas ia akan mencair mirip seperti film Terminator 2. Begitu kata bapaknya..... yang saya paling ingat betul waktu beliau bilang film Terminator....
Setelah itu proses pematrian tangki-pun dimulai
Tangki yang berlubang besar ditambal menggunakan lembaran alumunium.
hasil patri tahap pertama sebelum dibersihkan |
Kemudian dilakukan patri lagi pada bagian-bagian yang dirasa kurang
Proses pencucian setelah selesai dilakukan patri
Dilakukan proses pematrian kembali di titik yang dirasa masih bocor
Dan hasilnya......
tangki motor yang sudah selesai dipatri |
Dari perbaikan tangki motor ini menghabiskan biaya sekitar 175 ribu rupiah dengan garansi selama 4 bulan akan diperbaiki kembali apabila masih terdapat kebocoran. Biaya sebesar itu karena pekerjaan patri yang dilakukan hampir di sekeliling tubuh tangki.
nota perbaikan tangki motor dengan menggunakan metoda patri |
Proses patri dalam perbaikan tangki motor ini total membutuhkan waktu kira-kira sekitar +5 jam dari mulai pkl 10.00WIB sampai dengan pkl 15.00WIB.
Lelah sih tapi juga antusias karena bisa memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru. Itulah yang membuat perbaikan tangki motor ini menjadi tak terlupakan.
Kini setelah hampir 1 bulan berlalu tidak ada lagi kebocoran yang terjadi di tangki motor Om Djumbo.
Demikianlah pengalaman memperbaiki tangki motor Honda Tiger Revo yang bisa Om Djumbo bagikan.
Siapa tahu dapat memberikan gambaran yang berguna bagi Anda yang sedang membutuhkan informasi untuk memperbaiki tangki motor atau bisa juga menambah pengetahuan Anda.
Siapa tahu dapat memberikan gambaran yang berguna bagi Anda yang sedang membutuhkan informasi untuk memperbaiki tangki motor atau bisa juga menambah pengetahuan Anda.
Semoga bermanfaat.
Oh iya, jika Anda mempunyai pengalaman lain atau ada informasi yang bisa ditambahkan silakan tuliskan di kolom komentar.
Terimakasih
Baca juga :
Pengalaman Memperbaiki Tangki Honda Tiger Revo Bocor yang Tak Terlupakan
Reviewed by Djumbo
on
00:40:00
Rating:
dimana beli timah dan air raksanya ?
ReplyDeleteAlamat di mana tu bang
ReplyDelete