Pengalaman Memasang Teralis untuk Kusen Alumunium

Kali ini Om Djumbo mau menceritakan pengalaman Om Djumbo ketika hendak memasang teralis di kusen alumunium. Langsung aja ya....

Suatu ketika kami berencana untuk memasang teralis untuk rumah baru kami, namun sebelum memutuskan untuk memasang teralis kami baru menyadari bahwa rumah kami yang baru ini memakai kusen alumunium yang mana merupakan hal yang baru bagi kami karena biasanya kami berurusan dengan kusen kayu.

Hal yang pertama terlintas di pikiran kami tentu saja apakah kusen alumunium ini kuat menyangga teralis jika suatu saat nanti dijebol oleh pencuri? Perkiraan kami jika nanti teralis ini ditendang maka kusen alumunium ini akan sobek, ditambah lagi ketika kami googling ternyata tidak ada yang mengulas tentang pemasangan teralis di kusen alumunium.

Akhirnya kami survey ke tukang las yang kami rasa dapat dipercaya baik kualitas pekerjaannya maupun harganya. Setelah kami menemukan yang cocok, kami menyampaikan kekhawatiran kami jika kusen alumunium ini ketika dipasang teralis apakah kuat dan desainnya seperti apa? 

Kebetulan tukang las yang kami survey pernah mengerjakan proyek pembuatan dan pemasangan teralis di rumah sakit. Beliau memastikan bahwa teralis yang dipasang di kusen alumunium akan kuat bahkan kalau didobrak atau ditendang. Beliau juga menginformasikan bahwa teralis tersebut dapat dipasang seperti biasa sama seperti ketika memasang teralis di kusen kayu.

Berikut beberapa foto yang Om Djumbo bisa kumpulkan. Seperti biasa, detailnya disamarkan.

KUSEN ALUMUNIUM EKSISTING
kusen alumunium eksisting
kusen alumunium eksisting
kusen alumunium eksisting
kusen alumunium eksisting
Ketika kami bertanya-tanya tentang teralis, oleh bengkel lasnya kami disodorkan katalog berisi beragam jenis teralis. Setelah melihat-lihat akhirnya kami memutuskan untuk memilih teralis jenis ini. Desainnya lumayan bagus, tidak terlalu rumit namun juga tidak terlalu polos sehingga takutnya malah menimbulkan kesan seperti jeruji penjara. 

Harga teralis yang kami pilih Rp.325.000,-/m2. Bahan pembuatan teralis ini dari besi nako. Untuk warnanya hitam atau putih tergantung pilihan customer namun apabila menginginkan warna lain akan dikenakan tambahan biaya. Untuk bentuk tidak bisa sama persis seperti dalam katalog karena akan disesuaikan dengan tinggi dan lebar daun jendela eksisting (menyesuaikan proporsionalnya).

foto katalog desain teralis yang kami pilih
desainnya tidak terlalu rumit namun juga tidak terlalu polos
Untuk pengerjaan teralisnya sendiri sebenarnya membutuhkan waktu 2 minggu, namun karena bengkel ini kebanjiran orderan akhirnya dari bengkel lasnya dijanjikan akan dipasang 3 bulan kemudian. 

Setelah sepakat kami pun membayar uang muka sebesar Rp.500.000,- dan menunggu 3 bulan kemudian sembari menunggu rumah kami selesai dibangun juga. 

PENGUKURAN
kusen alumunium sedang diukur untuk pembuatan teralis
kusen alumunium diukur panjang diagonalnya untuk pembuatan teralis
kusen alumunium sedang diukur untuk pembuatan teralis dilihat dari luar

PEMASANGAN TERALIS
teralis sedang dibor dan dipasang baut di kusen alumunium
teralis dipasang di kusen alumunium menggunakan baut
and voilaa............

teralis pintu

 


nota pembuatan dan pemasangan teralis kami
Demikianlah pengalaman Om Djumbo memasang teralis pada kusen alumunium. Bila ada pertanyaan atau pengalaman lain yang ingin Anda bagikan silakan mengisi kolom komen di bawah.

Terimakasih dan semoga bermanfaat.


Baca juga :
Pengalaman Memperbaiki Tangki Honda Tiger Revo Bocor yang Tak Terlupakan
Pengalaman (harus) beralih ke Windows 7
10 Kualitas Karakter yang disukai Manusia
Pengalaman Memperbaiki Box Canter yang Kecelakaan
Manual Book : Krisbow - Petunjuk Penggunaan Hand Pallet 3 Ton
Hal-hal Penting dalam Hidup
Pengalaman Memasang Teralis untuk Kusen Alumunium Pengalaman Memasang Teralis untuk Kusen Alumunium Reviewed by Djumbo on 23:01:00 Rating: 5

16 comments:

  1. Gan, gimana kalo kusen aluminium dipasang pake tralis alumunium juga? Kalo besi apa gak berat ke beban kusen nya?

    ReplyDelete
  2. selama ini dari pengalaman kami di rumah kami yang dipasang teralis besi di kusen alumunium tidak ada masalah pak
    lagipula beban teralis ini tidak sepenuhnya disangga kusen bagian bawah melainkan diteruskan ke 4 sisinya karena ada baut yang turut menopang.
    saya hitung total tiap teralis ada 15 pcs baut di sekelilingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl boleh tahu itu gan teralis ya per meter persegi atau per meter jalan ya?

      Delete
    2. per meter persegi pak, seperti terlihat di gambar nota yang saya sertakan

      Delete
  3. Pak .. bisa minta nomor referensi tokonya ? saya berminat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di bengkel las biasa semua bisa mengerjakan seperti ini Bu, tapi saran saya cari bengkel las yang sudah besar / baik kualitas pekerjaannya

      Delete
  4. Terima kasih infonya ya om..

    ReplyDelete
  5. Pak. Saya agak sangsi dengan keamanan teralis yg dipasang menggunakan baut. Karena baut tentunya mudah dilepas menggunakan obeng. Apakah ada metode lain yg lebih aman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada pengamanan yang 100% aman pak, ini hanya salah satu upaya untuk mencegah dan mengurangi kemungkinan tindak kejahatan.

      semua teralis dipasang menggunakan baut.
      bahkan teralis di rumah saya ini saya hitung jumlahnya ada 15 baut untuk 1 teralisnya.

      tentu membutuhkan waktu yang lama untuk membukanya belum lagi berat teralisnya sendiri yang lumayan berat.

      hal ini pernah saya alami sendiri ketika kunci pintu utama patah, saya harus membuka baut teralis jendela ini satu persatu untuk bisa keluar rumah.... hahaha.... sungguh pengalaman yang tidak mudah dilupakan....

      Delete
  6. tralis pintu nya sekrupnya diluar gitu pak?

    ReplyDelete
  7. Terima kasih om infonya, karena rmh saya jg pakai kusen aluminium dan googling tidak ada penjelasan yg bahas ini,skrg saya tidak ragu lg pasang teralis di kusen aluminium.

    ReplyDelete
  8. Pak? Kusen aluminium dalamnya kosong, apa baut bisa kuat menancap di kusen? Krn klo kusen kayu padat dalamnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru pasang teralis besi pada kusen aluminium, baut bisa kuat nancap di kusen, apalagi kalau kusen nya tebal. Kekuatan teralis juga merata ke empat sudut, jadi kalau teralis di tarik/ didorong/ digoyang cukup kokoh

      Delete
    2. Oh..baik terima kasih atas penjelasannya

      Delete
  9. Pak, mau nanya kalo jendela aluminium model geser bisa dipasangi tralis juga ga pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya bisa ya pak, silakan konsultasikan dengan tukang las langganan bapak mereka pasti lebih paham karena punya pengalaman lebih

      Delete

RH - footer mobile

Powered by Blogger.