Pengalaman Membeli AC Sharp AH-A5SEY

AC Sharp AH-A5SEY (Sharp Indonesia)
Setelah beberapa waktu yang lalu Om Djumbo dan istri membeli rumah di suatu perumahan, maka beberapa saat kemudian kami berencana untuk membeli AC untuk dipasang di kamar utama kami. Adapun ukuran kamar utama kami ini berukuran 3x3m.

Walaupun sebelumnya Om Djumbo sering berurusan dengan AC namun ini merupakan pengalaman kami yang pertama untuk memutuskan hendak membeli AC merk apa dan lain sebagainya untuk rumah kami sendiri. 

Seperti biasa kami melakukan riset kecil-kecilan melalui internet dan beberapa kolega yang bisa kami minta pendapatnya.

Hal pertama yang kami pelajari adalah mengenai satuan BTU (British Thermal Unit). 
Satuan ini adalah perhitungan suatu kebutuhan kapasitas pendingin (AC) untuk kebutuhan ruangan yang akan digunakan agar diperoleh hasil yang hemat dan optimal. Untuk satuan daya dari AC sendiri adalah PK (Paard Kracht/ Horse Power/ Tenaga Kuda).

Untuk menghitung BTU pada AC digunakan rumus :

Rumus kebutuhan (BTU)/h=(W x H x I x L x E)/60

Keterangan:
  • 1 meter = 3,28 feet
  • W= panjang ruang dalam feet (kaki) 
  • H = tinggi ruang dalam feet (kaki) dengan asumsi ketinggian ruangan sekitar 3 meter, apabila lebih tinggi dari 3 meter maka setiap kelipatan 1 meter dikalikan dengan 1.000 BTU.
  •  I = isikan angka 10 jika ruang berinsulasi, berada di lantai bawah, atau berhimpit dengan ruang lain. Isikan angka 18 jika ruang di lantai atas atau tidak berinsulasi
  • L = panjang ruang dalam feet (kaki) 
  • E = isikan angka 16 jika dinding terpanjang menghadap utara, 17 jika menghadap timur, 18 jika menghadap selatan, dan 20 jika menghadap barat. 
Contoh cara menghitung kebutuhan kapasitas AC

  1. Ruang berukuran 5mx3m atau (16 kaki x 10 kaki), tidak berinsulasi, dinding panjang menghadap ke barat. Kebutuhan BTU = (16 x 10 x 18 x 10 x 20) / 60 = 9.600 BTU. 
  2. Ruang berukuran 3mx3m atau (10kaki x 10kaki), ventilasi minim, berinsulasi, dinding menghadap utara. Kebutuhan BTU = (10 x 10 x 10 x 10 x 16) / 60 = 2.666,6 BTU. 
Oke, itu rumus resminya. Namun ada rumus praktisnya juga yaitu :

Rumus Kebutuhan BTU : L(m2) x 500 BTU
 contoh : 3mx3mx500 = 9m2x500 = 4500 BTU ~ 5000 BTU

Kapasitas AC yang umum di pasaran berdasarkan daya listrik (PK) dapat digambarkan equivalen dengan kapasitas AC dalam BTU/h, yaitu sbb:

  • AC 1/2PK = + 5.000 BTU/h 
  • AC 3/4PK = + 7.000 BTU/h 
  • AC    1PK = + 9.000 BTU/h 
  • AC 1,5PK = + 12.000 BTU/h 
  • AC    2PK = + 18.000 BTU/h 
Sebagai contoh:
Daya : 1/2 PK artinya : (1 PK = 745,7 Watt) x 1/2 = 373 Watt .

Kapasitas Pendingin : 5000 BTU/h - 1,47 kW Artinya : Menunjukkan kecepatan kapasitas pendinginan ruangan = 5000 BTU (British Thermal Unit) per jam (kapasitasnya setara dengan 1470 Watt).


Memilih nilai BTU yang benar untuk AC ini harus pas karena jika terlalu rendah AC tidak akan dapat benar-benar mendinginkan ruangan, kinerja kompresor akan diforsir dan pada akhirnya umur kompresor tidak akan bertahan lama. Namun jika terlalu tinggi nilai BTUnya maka akan terjadi pemborosan listrik dan juga over budget.

Hal lain yang perlu kami perhatikan :
- Jika ruangan cukup teduh maka kita dapat mengurangi kapasitas BTU sampai dengan 10%
- Jika ruangan banyak matahari maka
kita dapat menambahkan kapasitas BTU sebanyak 10%
- Jika ruangan selalu diisi oleh 2 orang atau lebih, sebaiknya anda menambahkan 600 BTU untuk setiap orang
- Jika AC digunakan di dapur, tambahkan 4.000 BTU
- Jika menggunakan AC inverter, maka naikkan satu satuan di atasnya agar kinerja AC tidak terlalu ngoyo dan pendinginan dapat cepat tercapai.
- Jika panjang pipa lebih dari panjang pipa standard (>10m) maka disarankan untuk menaikkan ukuran PK satu level ke atas. Contoh AC 1/2 PK tapi berhubung jarak indoor dan outdoor harus mencapai 13 atau 15 meter bahkan lebih (hal ini biasa terjadi bila ada pemasangan AC di ruko dimana unit indoor berada di lantai 1, unit outdoor ada di dak atas lantai 4) maka kami menyarankan agar PK AC dinaikan menjadi 3/4 PK atau bahkan 1 PK bila ruangannya juga terdapat jendela besar dan terpapar sinar matahari langsung.
- Yang juga jangan dilupakan, apakah daya listrik yang digunakan cukup bagi kapasitas listrik maksimal di rumah anda, hitung seluruh kebutuhan listrik yang akan digunakan karena bila terlalu dekat dengan kapasitas total listrik maka kemungkinan listrik di rumah anda sering mengalami trip (mati mendadak).
- Ada banyak fitur tambahan yang ditawarkan oleh produsen tetapi pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Hal kedua yang kami pelajari adalah mengenai jenis freon. 
Seperti diketahui bahwa sejak 1 Januari 2015 pemerintah Indonesia melarang penjualan AC baru menggunakan freon R22 dengan alasan freon R22 dapat merusak lapisan ozon. Sehingga setelah peraturan ini keluar maka produk AC yang keluar selanjutnya sudah menggunakan freon R32 dan freon R410A. Nah, di sinilah pilihan harus kami ambil. Apakah mau pakai freon R.32 atau freon R.410A?

Menurut survey yang telah kami lakukan di beberapa toko elektronik baik yang berbentuk toko fisik maupun toko online, untuk freon R410A seringnya digunakan pada AC tipe inverter dan rata-rata AC buatan korea menggunakan freon R410A sedangkan AC buatan Jepang biasanya menggunakan R32. AC China & AC Indonesia sama sekali ga kami masukkan di dalam radar kami.

Untuk AC inverter dari beberapa kolega yang bercerita, banyak yang merasakan bahwa AC tipe ini lebih lama dingin disamping harganya yang lebih mahal. Walaupun hal itu subyektif pada setiap individu, setidaknya memberikan gambaran kepada kami untuk mengambil pilihan.

Berikut data perbedaan tipe freon di Indonesia :
PERBEDAAN TIPE FREON DI INDONESIA
JENIS FREON
ODP
GWP
COOLING INDEX
FLAMMABILITY
R.22
0.05
1810
100
TIDAK
R.410A
0
2090
92
TIDAK
R.32
0
675
160
RENDAH
R.290
0
kurang dari 3
83
TINGGI


Keterangan :
  • ODP adalah Ozone Depletion Potential alias Potensi Perusakan Ozone
  • GWP adalah Global Warming Potential alias Potensi Pemanasan Global
  • Cooling Index adalah Angka Index Dingin
  • Flammability adalah Tingkat Mudah Terbakarnya Freon.
Characteristics of possible next-generation refrigerants for residential and commercial air conditioners (kth.se)
Dari tabel di atas kita bisa melihat beberapa perbedaan, yaitu :
  1. Freon R32 memiliki angka index dingin yang JAUH LEBIH TINGGI dibandingkan dengan tipe jenis freon lainnya.
  2. Freon R32 lebih ramah lingkungan dibandingkan R410A sekalipun memiliki GWP yang lebih rendah dibandingkan dengan freon R410A dan freon R22.
  3. Freon R32 memang memiliki potensi mudah terbakar, tetapi tidak dapat membuat AC meledak bahkan ketika rumah kita terbakar.
  4. Freon R290 sebenarnya adalah yang paling HIJAU. Namun, angka index dingin yang cukup rendah dan tingkat mudah terbakar yang tinggi. Banyak brand AC yang memutuskan untuk tidak menggunakan jenis freon ini.
Oke, dari sini sudah dapat diketahui gambarannya bahwa kebutuhan AC kami untuk ruangan kamar kami adalah 1/2 PK dengan menggunakan jenis freon R.32. Pertanyaan selanjutnya adalah merk AC apa dan kisaran harganya.



outdoor AC Sharp AH-A5SEY dengan tipe AU-A5SEY. Tampak di badan outdoor AC tertulis jenis freon yang digunakan adalah R.32. Posisi outdoor baru saja dikeluarkan dari kardus pembungkusnya.


Hal ketiga yang kami pelajari selanjutnya adalah mengenai tipe, merk dan harga AC.
Setelah mengetahui kebutuhan akan spesifikasi AC yang akan kami beli, langkah kami selanjutnya adalah mencari kira-kira tipe AC dan merk AC apa yang akan kami beli.

impact of changing R410A to R32 (Daikin)



Untuk AC tipe Split kami menemukan ada 3 tipe AC yaitu tipe standard, low-Watt dan inverter. Karena kami sudah mendengar cukup banyak mengenai AC inverter maka sudah pasti AC tipe ini kami coret dari daftar kami. 

Sedangkan untuk tipe low-Watt dari beberapa riset kecil kami dan dari survey ke beberapa kolega kami didapatkan data bahwa untuk AC tipe low-Watt pada kenyataannya walaupun Watt-nya kecil namun kecepatan pendinginan yang lama mengakibatkan kompresornya akan dipaksa bekerja terus sehingga pada akhirnya tagihan listriknya tidak berbeda jauh dengan tipe standar (tagihan listrik berbanding lurus dengan lama kompresor bekerja dikali besaran Watt bawaan AC). 

Oke inverter coret, low-Watt coret pilihannya tinggal tipe standar. Sekarang AC tipe standar merk apa dan bagaimana speknya?

Dari hasil survey kami, sekilas kami mendapatkan gambaran untuk harga AC berturut-turut dari yang termahal ke termurah adalah : Daikin, Panasonic, Sharp, LG & Samsung. Tentu saja ini bersifat subyektif dan mungkin kami tidak mensurvey cukup banyak tipe dan varian. Tapi setidaknya itulah gambaran dari kami.

Dari beberapa cerita orang-orang, untuk AC Daikin memang kualitasnya bagus namun tidak semua toko elektronik menjualnya dan juga konon spare-partnya juga susah. Sedangkan untuk AC LG kami juga mendapatkan cerita bahwa kelemahan produk ini adalah suara outdoor-nya yang keras.

Oke, berarti Daikin coret, LG coret.

Kandidatnya mengerucut ke Panasonic, Sharp dan Samsung.
Walaupun Om Djumbo yakin pembaca tahu mana yang akan Om Djumbo pilih dari hanya membaca judul artikel ini, namun ada baiknya mengikuti cerita berikut...
 
Ketika kami melakukan beberapa kali survey AC di beberapa toko elektronik, kami juga mendapatkan beberapa penawaran dari toko-toko tersebut untuk pembelian AC dengan skema menggunakan kartu kredit dengan cicilan 0% dan mendapatkan promo gratis pengiriman sampai rumah, gratis bracket, gratis pemasangan, gratis pipa sepanjang 2m dan gratis kabel listrik sepanjang 3m. 

Demikian juga ketika kami survey dari beberapa toko online, ternyata harganya jauh lebih murah dari toko fisik yang telah kami survey dan juga menawarkan cicilan 0% dengan pembayaran menggunakan kartu kredit.

Namun harga tersebut belum termasuk harga kirim yang ketika itu dari hasil survey kami harga biaya kirimnya paling murah adalah Rp.405.000,- dan pengiriman paling cepat dengan harga paling murah ketika itu memakan waktu 6 (enam) hari karena posisi kami di luar Jabodetabek dan kebanyakan penjual tersebut berasal dari Jakarta atau Surabaya.

Plus, harga yang tertera tersebut rata-rata hanya harga unitnya saja, belum termasuk bracket, pipa, kabel dan biaya pasang. Mungkin bagi kami ketika itu terlalu ribet dan buang waktu sehingga opsi untuk pembelian lewat toko online terpaksa kami coret. 
 
Setelah opsi yang tersisa hanya lewat toko fisik, Om Djumbo dan istri-pun berdiskusi untuk membandingkan spek termasuk dari Watt bawaan ketiga merk AC tersebut dan berhitung mengenai harga dan benefit yang bisa didapat.

Akhirnya pilihan kami untuk AC tipe standar dan yang paling menguntungkan ketika itu jatuh kepada AC Sharp tipe AH-A5SEY.

Ketika itu kami memutuskan untuk membeli AC ini dengan cara dicicil menggunakan kartu kredit Mandiri dengan cicilan 0% sekalian memanfaatkan promo yang ada di toko tersebut. 


Waktu kami beli pada bulan Maret 2017 harganya Rp.2.600.000,- dan setelah ditambah biaya admin Mandiri sehingga total biayanya Rp.3.000.000,- include gratis ongkos kirim, gratis pemasangan, gratis pipa sepanjang 2m dan kabel listrik maksimal 3m. 

Adapun untuk pembayarannya bisa dicicil dengan tenor 6 bulan sehingga cicilan per bulannya menjadi Rp.500.000,-. Tidak terlalu memberatkan per bulannya, praktis dan sesuai kebutuhan dan keinginan kami.

Ketika kami membeli AC tersebut, kami mendapatkan kelengkapan yaitu berupa buku petunjuk pengoperasian, kartu garansi, remote AC, bracket untuk dudukan outdoor AC, pipa sepanjang 2 meter dan kabel listrik ukuran 2x1,5m sepanjang 3 m. Yang belum termasuk dalam paket penjualan namun diperlukan adalah jack kabel, kabel listrik tambahan apabila panjangnya tidak mencukupi dan selang untuk menyambung saluran pembuangan AC. 
kartu garansi Sharp AH-A5SEY

kartu garansi Sharp AH-A5SEY
kartu garansi, buku petunjuk, remote AC dan baut yang merupakan kelengkapan dari paket pembelian

Sekilas mengenai AC Sharp AH-A5SEY, AC ini memiliki fitur Jetstream G7 yang memungkinkan kita mendapatkan dingin maksimal ketika kita baru saja menghidupkan AC atau ketika kita butuh dingin seketika setelah selesai berolahraga atau beraktifitas.


fitur JetStream G7 (Sharp Indonesia)
Selain itu, AC Sharp AH-A5SEY ini juga memiliki fitur Coanda Gentle Cool Air yang membuat hembusan dingin AC disalurkan ke atas sehingga mengenai langit-langit ruangan untuk kemudian turun secara gravitasi ke bawah. Fitur ini sangat cocok untuk bayi ataupun orang lanjut usia yang membutuhkan dingin yang sejuk namun tidak sampai dingin yang menggigit.
fitur Coanda Flow (Sharp Indonesia)
Disamping itu AC Sharp ini sudah menggunakan freon R.32 yang lebih ramah lingkungan dan memiliki daya 390 Watt yang termasuk ekonomis untuk ukuran 1/2 pk. Setelah dipasang pun ternyata suara outdoornya tidak berisik bahkan cenderung kecil untuk ukuran AC yang dihidupkan dengan mode Jetstream.
indoor unit AC Sharp AH-A5SEY
proses penyambungan pipa freon, instalasi kabel listrik dan pipa pembuangan

pemasangan bracket untuk dudukan outdoor unit AC

bracket AC yang sudah terpasang

proses pemasangan indoor unit AC

pemasangan indoor unit AC

outdoor unit sedang disambung dengan pipa dari indoor unit
AC Sharp sudah siap operasional
Demikianlah pengalaman membeli AC Sharp AH-A5SEY yang dapat Om Djumbo bagikan. Jika ada pengalaman atau pertanyaan Anda yang hendak ditambahkan harap mengisi kolom komentar di bawah.

Terimakasih dan semoga bermanfaat.....

Baca juga :
Manual Book : Petunjuk Penggunaan AC Sharp AH-A5SEY
Pengalaman Membeli dan Memakai Alat Penghemat Listrik Power Plus
Cek Resi J&T Express, SiCepat & Wahana Logistik
Pengalaman ke Raja Ampat : Raja Ampat Dive Lodge
Pengalaman Memperbaiki Box Canter yang Kecelakaan
5 Fakta Orang-Orang Sukses yang Perlu Anda Ketahui
Pengalaman Membeli AC Sharp AH-A5SEY Pengalaman Membeli AC Sharp AH-A5SEY Reviewed by Djumbo on 22:28:00 Rating: 5

77 comments:

  1. aku jg baru beli ac merk yg sama buatan thailand..hrga 3.5 jt wilayah sulawesi tengah.plus ongkos pasang. blm bisa comment manfaatx krn br dipasang.berharap sesuai dgn review anda. krn kami didaerah biasa pilihan merk agak terbatas.sy suka klo dinginnya gak terlalu menggigit.pas lah pilihannya merk ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satu alasan kami memilih merk Sharp karena layanan purna jual dan customer service-nya sudah lama terkenal baik.
      selamat menikmati AC barunya Bu, kami kalau malam mau tidur biasanya juga memakai AC pada suhu 25*C karena kalau suhunya terlalu dingin malamnya harus ke kamar mandi untuk buang air kecil.

      Delete
  2. Yang om Djumbo beli ini keluaran cina apa thailand? Soalnya untuk 2,6 jt itu udah murah, di tempat saya jakarta timur AC ini dijual dgn harga 3,3 jt

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau juga Bu, tapi ketika kami beli memang di toko itu sedang ada promo khusus produk SHARP serta bisa dicicil dengan KK.

      Delete
    2. Untuk AC Sharp dengan type AH-A5SEY adalah keluaran Thailand.

      Delete
    3. Ah a5sey buatan indo sdgkan 5say thailand, ucy china

      Delete
    4. Bagusan type AH-A5SAY atau AH-A5SAY Om

      Delete
    5. Pipa kondensornya tembaga/aluminium om??

      Delete
  3. Br beli belum dicoba. Harga berkisar 3,1jta plus pasang,pipa 3meter.

    ReplyDelete
  4. Saya kemarin tgl 8 juli 17.juga membeli ac type standart sharp ah-a5sey.sya membeli langsung ditoko tawar menawar dan penjelasan yang detail dari pemilik toko yang menguasai specifikasi ac ini.jadi saya putuskan membeli dengan harga 3.300.000 +pasang+kabel 4 meter+pipa 4 meter+saluran pembuang 4 meter.harga yang cukup wajar dari pemilik toko.sekarang sdh terpasang dan saya sangat puas hasil dari sharp type ini.dan saya sarankan kepada yang membutuhkan ac pilihlah sharp type AH-A5SEYINDOOR DAN OUT DOOR AU-AU-A5SEY R32 .sya dan keluarga sangat puas dengan type ini.semoga bermanfaat untuk yang sedang mencari rekomendasi ac yang ramah lingkungan.

    ReplyDelete
  5. Hari ini saya baru mau pasang, sharp A-HA5 SEY 1/2 PK, saya dapat harga 2,8 jt wilayah bekasi timur. Free pemasangan plus 3m kabel 3m pipa dan bracket outdor. Klo ada yg minat, bisa saya refrensikan tokonya. 082283789791, just share, semoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tau alamat tokonya pak ?? Biar bsa langsung survay ke toko ..

      Delete
    2. Ini082283789791no.toko ato no.pak arif ya,boleh mnt alamat tokonya ya.mksh

      Delete
  6. sharp A-HA5 SEY 1/2 PK, nyaman sekali untuk istirahat dan tidur. cuman kalo untuk ruang kerja bikin ngantuk menurut saya

    ReplyDelete
  7. Mau bagi pengalaman tentang ac. Awalnya bokap tiba2 beli ac dan gue kaget ternyata beli ac merk polytorn dengan harga 3.05jt gue pun agak ngomel mahal banget dengan kualiatas merk seperti itu alhasil gue pun datangin toko itu sama bokap. Gue bilang ke tokonya ini ac mahal banget dan nggak dingin. Orang toko pun ngerti penjelasan gue dengan uang yang udh siap dibalikin sebesar 400rb. Gue pun bilang, gini aja deh gue mau ganti ac. Pada saat itu diotak gue terjadi perang 2 merk std antara panasonic dan SHARP. Daikin kpikiran cuman harga kisaran 3.5 jadi dihapus dari pikiran. Dab otak gue pun memutuskan ganti dengan SHARP A-HA5SEY 1/2PK. dengan harga dikasih 2.95jt lumayan masih duit balik 100rb buat beli es. Review ac nya belm bisa di curhatin karna hari ini baru ditukar ac nya. Semogaa oke merk sharp buatan thailand ini secara dr dulu pake merk panasinic.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga pilihannya tidak salah Pak Adit

      Delete
    2. Yes betul sekali pak djumbo pilihan sangat tepat memilih ac sharp ini dingin nya langsung nyes banget sampai diruang tamu pun berasa ketika pintu dibuka. Setingan remote 21 derajat, fan tingkat dua mode cool. Berbeda dengan polytren walaupun sudah mode turbo pun dingin nya gk nyes. Ternyata polytren pakai tipe freon yg R410 dan sharp R32 made in thailand. Sebenrnya bukan tidak cinta produk indo, cmn kl produk indo suka bikin produk yang kentang. Antara mau bagus atau engga jadi kayak setengah ikhlas bikinnya. #intermezzo

      Delete
  8. Saya jg baru beli ac sharp 0.5 pk ah5sey made in thailand dgn harga 2.8 jt wil medan kota,hasilnya stlh terpasang ac ny sgt dingin dan sy stel di suhu 23 dgn kecepatan fan di no.1,tp stlh outdoor nya di pindahkn ke blkg,krn kmrn outdoor nya di taruh dlm rmh,alhasil rmhnya panas tp ac nya yg di taruh di kamar dingin sekali,kmudian stlh di tlpn lg teknisi dan komplin,maka outdoor nya pun di pindah keluar rmh,ac nya tetep dingin tp akhir2 nie slm 2 hr,ac nya rada2 bunyi dikit,sempat bingung dan kuatir tp hari ketiganya ac nya udh ga mngeluarkn bunyi lg,hm lumayan senang dlm hati,ga cpek lg hub teknisi nya.Moga2 ac nya awet smpai slmanya hehehe

    ReplyDelete
  9. Bagus ini atau yg low wat SHARP AH-A5UCY ragu" ?saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus tidaknya sebenarnya sesuai kebutuhan & budget kita pak.

      yg jelas low Watt memang mempunyai kelebihan di pemakaian listriknya yg kecil tp kelemahannya membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai suhu yg sama dibandingkan AC tipe standard.

      semoga membantu

      Delete
    2. Saya baru 2hari pasang ac sharp ah-a5ucy ... Buat harga segitu kalo soal dingin behhh puas banget ... Suara nya alussssss ... Tiap hari cuma pake 25*c fan nya cuma satu ... Padahal belum di turboin udah kaya gini dinginnya ... Toop deh sharp dengan harga segini ....

      Delete
  10. cara pasang nya aja salah bro

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Kalo ada yg tanya bagus AC mana, ya AC Daikin, meskipun harga memang aga sedikit mahal.. tapi emang kualitas ok punya.

    ReplyDelete
  14. Rencananya ane mau beli ac tipe ini xari reviewnya pas ketemu.di daerah depok dijual dgn harga 2,6jt termasuk bonus pemasangan tp ane agak ragu sedikit krna produk nya dari china.

    ReplyDelete
  15. Saya akhirnya barusan deal beli unit ini. Bsk pagi diambil dan tukang pasangnya baru bisa lusa. Selama ini udah hampir 3 th pake daikin di kamar baik2 saja dan cenderung kedinginan, akhirnya lebih sering pake mode: fan.
    Sekarang beli sharp untuk ruang tamu. Awalnya ditawarin yg 3/4pk dengan harga 2,698 (sudah plus pasang). Tapi mengingat lingkungan rumah ga begitu panas dan perbedaan watt nya lumayan jauh (1/2 pk 350watt, 3/4 pk 560 watt), saya pilih yg 1/2 pk sharp ini (seharga 2,598jt sudah plus pasang). Semoga awet dan baik2 saja. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga segitu udah termasuk selang,kabel listrik,braket dan jasa nya? Kalo boleh tau beli dmana?

      Delete
  16. Saya juga beli tipe ini, dgn harga sekitaran 2.9 (karna sekalian beli yg lain, jd harga pasti kurang ingat)
    Dapat selang 5 meter, pasang gratis dll.
    Sabtu saya beli, Rabu baru bisa pasang nya.
    Berhubung libur panjang....
    Cuman saya bingung letak AC yg sehat di mana di ukuran kamar yg 3x3 meter, karna ada anak bayi.
    Tolong infonya agan.. tks

    ReplyDelete
  17. Dsni sdh ada yg sdh pke ac sharp plasmacluster? Sy lg bingung mau beli type plasmacluster / AH - A5SEY? Ktnya yg plasmacluster emng gk terlalu dingin ya,beberapa abang2 di tokonya blg gtu? Pdhlnya kan itu teknologi penyaring bakteri/viru/jamur jd udara yg dihasilkan lebih sejuk. Tolong info nya ya..

    ReplyDelete
  18. pada tgl. 7 April 2018 saya membeli produk AC 0,5 PK tipe AHA5UCY di salah satu toko di rungkut, surabaya untuk dipasang di kamar ukuran 3 x 4 mtr. hari ke-1 kamar dingin seluruhnya, hari ke-2 dan ke-3 kamar hanya dingin sebagian. hari ke-4 kamar tidak dingin sama sekali dan unit AC hanya keluar hembusan angin saja (jadi lebih mirip beli kipas angin daripada unit AC). mohon saran dari om djumbo. thanks!

    ReplyDelete
  19. pada tgl. 7 April 2018 saya membeli produk AC 0,5 PK merk SHARP tipe AHA-5UCY di salah satu toko elektronik di rungkut, surabaya untuk dipasang di kamar ukuran 3 x 4 mtr. hari ke-1 kamar dingin seluruhnya, hari ke-2 dan ke-3 kamar hanya dingin sebagian. hari ke-4 kamar tidak dingin sama sekali dan unit AC hanya keluar hembusan angin saja (jadi lebih mirip beli kipas angin daripada unit AC). mohon saran dari om djumbo. thanks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sharp AH-5UCY klo ga salah made in china mas bro, harus y belinya yg made in thailand SHARP - HA-5SEY

      Delete
    2. Ikut nimbrung nih om, kalo ruangannya 3x4 pake 1/2pk kyknya memang "pk" si Ac yg kurang,alhasil ruangan jadi ttp panas, saran sih coba pake yg 3/4pk atau kalau perlu pake yg 1pk.. Tapi ya lihat posisi ruangannya dulu juga sih om, contohnya apakah ruangan itu ada jendela yg menghadap arah sinar matahari langsung atau enggak. Kurleb seperti itu gambarannya. CMIIW. Suwun 🙏

      Delete
    3. Coba cek freonnya mas, kemungkinan ada kebocoran freon pada saat pemasangan AC. Kalau masih ada garansi pemasangan bisa langsung komplain.

      Delete
  20. Mohon penjelasan, apakah ada seri AH-A5SAY?
    Jadi ceritanya sy deal beli yg 5UCY harga 2,9 plus pemasangan dll dgn pemasangan 3 hari kedepan krn ambil barang dulu, keesokan harinya dikabarkan dr pihak toko bahwa AC yg saya mau kosong dan ditawarkan AH-A5SAY made in Thailand (bukan A5SEY) dgn tambahan biaya 200ribu.
    Kira2 bagaimana menurut agan/sista disini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mas, harga 2,9 sudah termasuk ongkos pasang masnya beli dimana? Jakarta kah? Makasih mas

      Delete
  21. Mas saya mau tanya dong.. Saya mau pasang ac buat di kosan saya ukuran kamarnya 3x4 kurang lebih.. Kira2 butuh ac 1 atau 1/2 pk ya? Terus listriknya juga ga terlalu gede. Saya sih lagi cari2 dan udah ada yg agak pas di hati antara sharp AH-A5UCY 1/2 pk atau polytrin neuva ice 1/2 pk. Saya bener2 lagi bingung mas. Minta pencerahannya. Lalu jika saya beli AC sebetulnya peralatan apa saja yang harus di butuhkan selain pipa dan barcket nya? Di tunggu infonya makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya Sharp karena sudah menggunakan freon R32 lebih dingin dibanding polytron neuva masih R410, Sebaiknya yg 3/4 PK dan wattnya juga lebih kecil hanya 560 watt dibanding merk lain 670 watt dengan PK yg sama. serta beli dengan harga yg sudah termasuk ongkir, instalasi, kabel (terima beres). smoga membantu.

      Delete
  22. Mau tau donk emang untuk pemasangan ac itu ada biaya lagi ya? Untuk kabel stop kontak dan slang pembuangannya?

    ReplyDelete
  23. Sharp keluaran thailand terbaru tipe AH-A5SAY pengganti tipe AH-A5SEY

    ReplyDelete
  24. saya dilema mau beli ac.. ahhh bingung panaosic alowa mahal tapi 320 watt.

    ReplyDelete
  25. Saya baru beli sharp AH-A5SAY sekitar 2mgg,tetapi suhunya sama sekali tidak dingin. Lebih dingin pake kipas angin. Kamar saya berada di lantai 1 dan atasnya adalah beton yg langsung terpapar sinar matahari saat siang. Posisi unit outdoor berada di lantai 2 (terpapar langsung sinar matahari, cuma diatapi seng tanpa tempat pelindung khusus), jarak pipa dr unit outdor ke indoor ±2,5m. Kira2 apa masalahnya? Mohon masukannya.

    ReplyDelete
  26. Saya beli AC Sharp yg sama (Thailand), & main suhu 22-25° aja, tapi baru 1 minggu sdh 2x bocor/netes di INDOOR KANAN pas bawah pipa Kuningan...

    Kata teknisi lelehan air/es cair di pipa tsb ngak pas jatuhnya di talang krn talang kependekan...apa emang gitu om ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bisa jadi freonnya kurang. sehingga muncul gumpalan es yang menyumbat pipa. karena alirah freon tersumbat membuat es nya mencair dan netes

      Delete
    2. Aku jg mengalami masalah yang sama dgn tipe yang sama..menetes terus padahal baru pemakaian 2 Minggu .udh berkali2 diperbaiki Ama teknisinya tp msh bocor jg..solusi nya dong... terimakasih

      Delete
  27. Apakah tipe itu ad cina n thailand, trz harga sama gc

    ReplyDelete
  28. Saya baru beli Sharp AH-A5SAY (Thailand )
    Kok indoor nya beres air y ??
    Itu knp ??

    ReplyDelete
  29. Replies
    1. silakan menghubungi pihak penjualnya Pak/Bu.
      biasanya masih garansi toko, supaya bisa segera ditindaklanjuti.

      Delete
  30. Saya memkai ac ah-a5say karna blum bgitu faham mngenai ac mhon infonya dong klw uk kmar 3x3memakai uhu brpa y.

    ReplyDelete
  31. Beli tgl 13septbr2018 dgn hrga 31jt,daerah bekasi kmahlan gk gan.

    ReplyDelete
  32. Beli tgl 13septbr2018 dgn hrga 31jt,daerah bekasi kmahlan gk gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ukuran kamar 3x3 cukup yg 1/2 PK, 3.1jt sudah semua atau belum ya? kalau belum brarti mahal juga ya.

      Delete



  33. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    ReplyDelete
  34. Gan apa di taun 2018 type ah-a5sey masih rekomended?
    Mnurut agan agan sklian gimana riviewnya?
    Kalo liat thread" di atas si bagus semua dan untuk yang kluaran terbarunya sang pengganti (ah-a5say) ko ada yg gak puas riviewnya,? Sama kaya yang ah-a5ucy...
    Ayo ga share pngalaman dan infonya disini...

    ReplyDelete
  35. Ini saya lagi pasang AC Sharp 1/2 PK type AH-XP6UHY. Unitnya saja 4,3 juta belum termasuk biaya pasang.

    ReplyDelete
  36. saya baru beli bekas AH-A5SEY Pemakaian 1bln hrga 1.5jt fullset sma outdornya. yg sy mau tanyakan om itu uk 1/2 pk dan 1Pk diliat dari mananya adakah tandanya soalnya yg pemilik g tau brpa PK soalnya hanya nyuruh anak buahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kode A5 itu 1/2pk Dan Ada keterangan distiker yg menempel di indoor nya..termasuk made in thailand or China ada disitu semua.utk 3/4 kode A7 Dan 1PK dgn kode A9

      Delete
  37. Mau tnya om ..sya baru beli sharp ah A5Say ..tapi indoor nya suka bunyi tek terus kaya ada hembusan angin keluar terus agak geter dikit ...apa emmang seperti itu merek sharp ..mhon jwabanya om

    ReplyDelete
  38. Saya bbrp hari yL sdh DeaL beLi AC Sharp AH A5SEY seharga 3.125jt udh aLL in perangkat dan pasang ... AC dan teknisi sdh dtg dirumah siap2 di rangkai ... LaLu saya meLihat seLembar Note Peringatan yg tertempeL di cover outdoor bhw unit diLengkapi 5 mtr kabeL sensor suhu yg menghubungkan antara indoor dan outdoor... ketika saya tanyakan ternyata kabeL sensor suhu yg dimaksud tidak ada ... akhirnya pemesanan ini saya bataLkan ... sampai ada penjeLasan resmi dari Sharp ttg Nota Peringatan kabeL sensor suhu ini ...

    ReplyDelete
  39. Saya juga pakai ac ini dari Juli 2016 dg hrga 3,5jt dan sekarang tiba-tiba remote tdk berfungsi dan indoor ac lampu timer dan onoff merah hidup

    ReplyDelete
  40. Solusinya ganti unit mba... kan masih garansi... komplen aja gpp tuh.

    ReplyDelete
  41. Mau tanya nih sy br pasng ac tipe sharp
    ah-ap5ssy 1/2 PK sdh 1 jam tapi ko engga dingin ya?

    ReplyDelete
  42. Sharp 5say 1/2 pk , normal kah outdoor kipasnya mati hidup dlm suhu 24 25 dst ? ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Normal sekali. Tidak perlu kuatir karena itu hal yang normal bila suhu indoor tercapai maka otomatis outdoor off

      Delete
  43. Klo ah-a5vey itu buatan mana ya?

    ReplyDelete
  44. mu nanya gan ac A5say out door nya emang hidup trs ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akan selalu hidup bila suhu indoor tidak tercapai. Itu sebabnya jangan menset suhu di remote terlalu rendah karena percuma saja. Kecuali anda memakai ac dgn kapasitas besar diatas kebutuhan ruangan

      Delete
  45. terimakasih sudah mampir, teman-teman.....

    ReplyDelete
  46. Baru beli AC A5say Made in Thailand harga 3jt udh sm ongkos pasang

    ReplyDelete
  47. im djumbo dan teman2, mau tanya donk yang bagus itu sharp tipe AH-A9 UCY TURBO SERIES ato AH-A9 SAY?

    ReplyDelete
  48. Apakah type ac sharp tersebut bisa untuk rumah berdaya 900 watt??
    Elektronik di rmh yg aktif kulkas 2 pintu ukuran sedang sama tv lcd

    ReplyDelete
  49. Sy hari ni bru bli ac sharp ah a5ucy..sblmnya sy pke sharp jg yg thailand tp problemnya bocor indoor,di thn ke 4 ac sdh tdk dngin hnya angin sj..sy sdh bbrpa x service,cuci rutin,isi freon tp hasil ttp sama tdk dngin sm skali teknisi pun bngung msalahnya dmna..akhirny hri ni sy bli bru lg yg sharp jg tp ucy

    ReplyDelete

RH - footer mobile

Powered by Blogger.