[GRATIS] PETA NKRI terbaru tahun 2017 format digital pdf

peta NKRI 2017 (dakwatuna)


Pada tanggal 14 Juli 2017 pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Kemaritiman mengeluarkan Peta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Terdapat beberapa perubahan yang cukup signifikan dalam peta NKRI ini. Berikut wilayah pada Peta NKRI tahun 2017 yang berubah seperti yang dapat Anda simak pada penjelasan sebagai berikut :


perubahan wilayah NKRI (detiknews)

  1. Perbedaan batas laut teritorial terjadi pada perbatasan antara Indonesia, Singapura dan Malaysia tepatnya di Selat Riau. Pada peta sebelumnya tidak ada zona perairan yaitu South Ledge dan Pedra Branca, untuk peta sekarang diberikan zona perairan. Pedra Branca sendiri milik Singapura, sedangkan South Ledge masih negoisasi antara Singapura dan Malaysia. Kedua wilayah itu diberikan alokasi wilayah selebar 500 meter.  

  2. Perbatasan antara Indonesia dan Filipina di Laut Sulawesi, jika sebelumnya ditandai dengan garis putus-putus atau masih klaim. Dalam perubahan ini sudah resmi menjadi wilayah Indonesia karena perjanjian ZTE antara Indonesia dengan Filipina sudah menghasilkan kesepakatan bahkan sudah ratifikasi dengan UU nomor 4 tahun 2017

  3. Batas dengan Palau, di peta sebelumnya batas wilayah masih melengkung dan diberi garis lurus untuk pulai milik Palau. Sekarang menjadi ditarik garis lurus dan ditutup sehingga menekan sampai sekitar 100 mil. Karena batas ZTE (Zona Tangkap Eksklusif) menjadi perairan Indonesia, dua pulau sebelumnya yaitu Karang Helen dan Pulau Tobi diberi ruang 12 nautical mile (zona perairan).

  4. Update atau perubahan penamaan laut, khususnya zona bagian utara Laut Natuna yang kini diberi nama Laut Natuna Utara. Sebelumnya, Laut Natuna hanya berada di bagian dalam garis laut teritorial dan laut kepulauan saja. Hal ini dilakukan mengingat sebelumnya sudah ada kegiatan migas yang menggunakan nama itu, sehingga diharapkan nantinya ada kesamaan penamaan untuk kawasan tersebut.

  5. Selat Malaka wilayah Indonesia, juga terjadi beberapa perubahan dari sisi klaim Indonesia. Jika sebelumnya ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif) antara Indonesia dengan Malaysia belum rampung ditetapkan. Pada peta terbaru, Indonesia mengklaim ZEE lebih maju menekan ke daerah Malaysia.

Bagi Anda yang membutuhkan Peta NKRI tahun 2017 dalam bentuk digital, berikut telah Om Djumbo sediakan link download dalam format file pdf.

Selamat menikmati dan semoga bermanfaat.


No ad, no short url, no shit. Just direct link!

[GRATIS] PETA NKRI terbaru tahun 2017 format digital pdf [GRATIS] PETA NKRI terbaru tahun 2017 format digital pdf Reviewed by Djumbo on 22:14:00 Rating: 5

No comments:

RH - footer mobile

Powered by Blogger.