Pengalaman Membeli dan Memakai Alat Penghemat Listrik Power Plus

alat penghemat listrik merk Power Plus (tokopedia)

Sebelum Anda berpikir macam-macam, perlu Om Djumbo sampaikan bahwa tulisan berikut bukan endorse produk, paid ad ataupun numpang lapak.

Tulisan ini murni karena Om Djumbo ingin berbagi pengalaman setelah memakai alat penghemat listrik di rumah Om Djumbo.

Langsung aja ya......

Setelah kami membeli AC untuk rumah kami maka sebagai akibatnya tentu saja terjadi peningkatan tagihan listrik, tapi bukan karena subsidinya dicabut ya (listrik kami prabayar 1300W anyway).

Sebagai gambaran, setiap bulan kami biasa mengalokasikan budget sekitar 300 ribu untuk token listrik kemudian setelah adanya AC di rumah kami maka rata-rata biaya listriknya menjadi sekitar 350 ribu.

Saya bilang sekitar karena pada saat itu kami belum mencatat secara serius pemakaian harian kami. Hanya yang kami ketahui rata-rata pemakaian kami per harinya dari semula 7 kWh per hari sekarang setelah memakai AC menjadi sekitar 10 kWh per hari.

Mulai Tertarik Beli
Sebenarnya sudah lama Om Djumbo tertarik terhadap produk alat penghemat listrik namun baru kali ini Om Djumbo ingin mencobanya secara lebih serius. Sekalian bisa untuk menghemat listrik maksudnya....

Maka pada akhir bulan Mei 2017 yang lalu Om Djumbo iseng-iseng berbelanja online menggunakan aplikasi Bukalapak di handphone Om Djumbo untuk membeli alat penghemat listrik.

logo Bukalapak

Setelah mengetik keyword "alat penghemat listrik" di kolom search maka muncullah berbagai macam alat penghemat listrik. 

Well, Om Djumbo baru tau ternyata ada begitu banyak jenis, tipe dan harga alat penghemat listrik yang tersedia dari berbagai lapak.

Akhirnya setelah beberapa kali survey Om Djumbo memilih alat penghemat listrik merk Power Plus dengan alasan selain karena desainnya yang compact juga produk ini mudah dipasang karena tinggal dicolokin saja di terminal tanpa harus membongkar instalasi listrik yang ada di rumah.

Power Plus (Bukalapak)

Tak lupa sebelum memutuskan untuk membeli yang merk Power Plus, kami survey dulu pelapak yang menjual alat penghemat listrik merk Power Plus ini dengan harga yang paling murah.

Dan setelah ketemu barang yang cocok lanjut deh konfirmasi bayar dengan KK dan akhirnya bungkus. Kebetulan waktu itu lapak yang Om Djumbo pilih sedang memberikan diskon sebesar 10%, waah tambah cocok niih.... 

produk Power Plus yang dipilih

Praktis...... dan semua itu Om Djumbo lakukan di kamar bahkan sambil tiduran. Sungguh teknologi IT yang sangat membantu. 

Thanks God berkat teknologi hidup jadi lebih mudah...

konfrimasi pembayaran

konfirmasi barang telah diterima

Ulasan Produk
Produk alat penghemat listrik ini sebenarnya dalam ilmu kelistrikan termasuk kedalam produk capasitor bank. Fungsi utama kapasitor bank adalah untuk memperbaiki kualitas daya semu / daya reaktif / cos phi yang timbul terutama pada peralatan yang memakai kumparan ketika pertama kali dihidupkan untuk kemudian disimpan menjadi energi listrik dalam bentuk daya reaktif. 

Secara sederhana daya reaktif adalah daya yang dibutuhkan untuk membangkitkan medan magnet di kumparan-kumparan beban induktif.

Contoh produk rumah tangga yang memakai kumparan yang sering menimbulkan daya semu yaitu pompa air, pemanas air, trafo lampu TL (ballast), pesawat televisi, kipas angin, blender, mixer, mesin cuci, Air Conditoner (AC), lemari es (kulkas), mesin jahit listrik, dan lain sebagainya.

Daya semu ini bila boleh Om Djumbo ibaratkan seperti busa dalam sebotol bir. Bila kita membeli 1 botol bir maka mau tidak mau kita juga membeli busa yang ada di dalam bir tersebut padahal busa tersebut tidak dapat digunakan. Busa ini bisa dianalogikan seperti daya semu ini. Dia ada tapi tidak bisa digunakan.

Nah, dengan memperbaiki daya semu dan disimpan menjadi energi listrik di dalam kapasitor bank dalam bentuk daya reaktif ini pada akhirnya akan mengurangi kebutuhan listrik total sehingga secara teori akan terjadi penurunan konsumsi listrik. Well, sort of like that.....

Anyway, dari bungkus produk Power Plus ini terdapat klaim dari produsennya bahwa produknya menjanjikan penghematan sampai dengan 40% dengan usia pakai produk selama 4 tahun. 
Pemakaiannya juga praktis karena tinggal dicolokkan ke terminal terdekat dari meteran PLN

Pengalaman Setelah Memakai Power Plus
Setelah memakai Power Plus selama kurang lebih 2 bulan (s/d akhir Juli 2017) maka setiap pagi setelah bangun tidur kini Om Djumbo punya rutinitas baru yaitu mencatat meteran PLN supaya dapat dianalisa.

Dari data yang Om Djumbo catat didapatkan analisa sebagai berikut :
  1. Pemakaian listrik setelah memakai Power Plus rata-rata sebesar 7 kWh per hari atau TURUN sebesar 30% dari pemakaian semula sebesar 10 kWh per hari
  2. Biaya listrik yang dibutuhkan setiap bulan TURUN menjadi Rp.245.000,- dari semula Rp.350.000,-
  3. Penghematan yang terjadi sebesar Rp.105.000,- per bulan
  4. Terjadi penghematan sekitar 30% dari pemakain kWh per hari, dengan demikian klaim Power Plus dapat menghemat sampai dengan 40% terbukti
  5. Daaaan yang paling penting, investasi untuk membeli Power Plus sebesar Rp.139.500,- ditambah ongkos kirim sehingga total biayanya sebesar Rp.150.700,- dapat kembali setelah 2 (dua) bulan pemakaian produk dari penghematan yang terjadi sebesar Rp.105.000,- per bulan.

Setelah kami memakai Power Plus memang terjadi penghematan konsumsi listrik dan penghematan tagihan listrik. Untuk itu alat penghemat listrik ini sangat kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin melakukan penghematan listrik di rumah Anda selain juga sikap cermat dalam menggunakan listrik penting juga untuk dilakukan.

Demikianlah pengalaman Om Djumbo memakai alat penghemat listrik Power Plus yang dapat Om Djumbo bagikan. 

Bagi Anda yang mempunyai pengalaman memakai produk ini atau berencana membeli produk ini atau ada yang ingin Anda tanyakan lebih lanjut, jangan ragu-ragu untuk mengisi kolom komentar.

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Baca juga :
Pengalaman Membeli dan Memakai Alat Penghemat Listrik Power Plus Pengalaman Membeli dan Memakai Alat Penghemat Listrik Power Plus Reviewed by Djumbo on 23:51:00 Rating: 5

5 comments:

  1. Makasih infonya.
    Jadi tertarik beli.

    ReplyDelete
  2. mau tanya apa itu alat bisa lebih dari 1 beban ? atau single beban saja ? kalo bisa. max brp watt ? trims

    ReplyDelete
  3. setelah sekian lama menggunakan, bagaimana kondisi alat dan penghematannya sekarang mas?

    ReplyDelete
  4. Terima kasih infonya.. Saya sdh pesen juga, namun blm tau review pemakai power plus... Sekarang sy lega klo memang power plus bermanfaat ..

    ReplyDelete
  5. Kalau pake lebih dari 1, bisa semakin berkurang dong tagihan listriknya..? 🙄

    ReplyDelete

RH - footer mobile

Powered by Blogger.